Ilmu dan Teknologi Pangan

Assalamualaikum wr wb

Pada tahun 2014. Tahun saya masuk Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan dan pernah bikin tulisan di blog ini tentang jurusan tersebut.
sekarang, 5 tahun berlalu, saya sudah lulus tahun lalu.
ternyata masih banyak sekali yang bertanya tentang jurusan ITP yang ada di UB ya, dan kadang memang saya jarang buka FB untuk menjawab beberapa pertanyaan. jadi tulisan kali ini saya sekali lagi akan menulis tentang jurusan ITP yang ada di UB ya
Enjoy :)

Salah satu jurusan yang ada di Universitas Brawijaya adalah ITP (Ilmu dan Teknologi Pangan). jurusan ini berada di naungan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) (bukan Fakultas Pertanian loh hehe).
FTP UB sekarang menaungi 3 Jurusan, yaitu : Teknologi Hasil Pertanian, Teknologi Industri Pertanian dan Keteknikan Pertanian. loh terus ITP masuk mana ya? 
ITP sendiri merupakan salah satu Prodi dibawah jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP), selain ITP prodi yang berada dibawah THP adalah Bioteknologi Industri (Keren loh ini hhe).
Gelar yang didapatkan ketika lulus dari jurusan ITP sekarang adalah S.T.P (Sarjana Teknologi Pangan).
Apa sih yang dipelajari di jurusan ini? (ini secara umum saja ya)

jadi kita akan belaajar Ilmu tentang Pangan.
mungkin beberapa orang akan bingung ya, apa bedanya dengan Tata Boga atau Kuliner atau bahkan bedanya sama Ilmu Gizi.
sebenarnya ITP beda ya sama jurusan tersebut.
di ITP kita akan belajar lebih kompleks dan luas, kita bukan akan belajar masak, malah beberapa anak ITP gak bisa masak juga hehe.
di awal kuliah (sem 1 dan 2) kebanyakan kita masih akan mengulang pelajaran dasar yang ada di SMA beserta praktikumnya.
Matematika, Biologi, Kimia Dasar, Agama, Kimia Organik, Kimia Pangan dkk.
mulai masuk semester 3 kita akan menemui lebih banyak materi yang sesuai jurusan, seperti Kimia Pangan 2, Biokimia Pangan, Analisis Sensori dkk
oh iya jurusan ini juga penuh dengan praktikum dan laporan ya, sibuk nulis laporan selama kuliah hehe.
akan ada materi Pengetahuan Bahan, Teknologi Pengolahan Pangan, Teknologi Pengolahan Nabati, Teknologi Pengolahan Hewani, Manajemen Bisnis, Manajemen Mutu, Keteknikan Pengolahan, Teknologi Pengemasan, Keamanan Pangan , Evaluasi Gizi Pangan dkk.
gimana? sudah ada bayangan tentang perbedaannya sama Kuliner atau Gizi? 
yups, jadi kita lebih mempelajari sisi ilmiah dari pangan dan lebih mengarah ke industri. 
kenapa sih jurusan ini dibutuhkan? apa masak-masak seribet ini ilmunya? hehe
Kebanyakan yang membutuhkan ilmu kita adalah Industri Pangan karena produk pangan adalah bahan yang mudah rusak.
Ketika sebuah perusahaan mau memproduksi jus buah misalnya, pasti bahan dan pengolahan yang dibutuhkan jauh lebih banyak dibandingkan ketika kita ingin membuat jus buah dirumah. dalam pembuatan minuman jus skala industri harus dipikirkan keseragaman rasa tiap packnya, rasanya, aromanya, warnanya harus sama satu sama lain, jus buah tersebut juga harus didesain untuk awet dalam waktu yang lama, untuk bisa awet dan sehat lebih baik tidak menggunakan pengawet sintetis kan?, kemasan yang digunakan juga harus dipilih yang mudah digunakan, murah dan dapat mempertahankan nilai gizi dari jus buah tersebut. Nah ilmu ini lah sederhananya yang dimiliki oleh lulusan ITP. bukan itu saja sih, banyaaaaak banget hehe
Variasi rasa mie instan yang sekarang banyak banget macemnya adalah salah satu hasil pengaplikasian ITP loh, gimana caranya tuh membuat rasa rempah yang kompleks menjadi bumbu mie instan. 
Sekarang industri pangan semakin berkembang, kebutuhan dan keinginan konsumen di Indonesia terus berkembang sehingga membuat indistri harus terus mengembangkan produknya dan mengikuti pasar. buktinya? kalian bisa lihat sendiri kalau ke swalayan, pasar, retail dkk akan banyak sekali produk-produk pangan yang instan dan enak. bumbu-bumbu instan yang membuat orang gabisa masakpun bisa tetep masak enak hehe, berbagai minuman ringan mulai dari yang sangat bergizi sampai sangat baik untuk menghilangkan haus dkk deh hehe.


- Lulusan Jurusan Pangan bisa jadi apa aja sih?
Bisa macem-macem loh.
yang pasti lapangan kerja yang paling umum adalah di Industri Pangan Besar maupun kecil seperti Nutrfood, Dua Kelinci, Garudafood, Mayora dkk, di BUMN seperti Bulog, PTPN, di pemerintahan seperti BPOM atau Pemerintahan daerah, bisa juga menjadi auditor Halal, HACCP, ISO atau yang lain. atau kalau kalian orang yang suka berbisnis sangat bisa tuh untuk buka bisnis makanan yang beda dari yang lain hehe. atau kalaupun gak kerja sesuai bidang, ilmunya bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari, kita bisa jadi lebih aware untuk memilih produk pangan yang baik dan sehat, dan gak mudah percaya sama hoax berbau pangan.

- Diperusahaan biasanya bisa jadi bagian apa ya?
Secara umum di Industri pangan lulusan ITP biasanya dibutuhkan di departemen Research & Development. bagian ini adalah bagian yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memperbaiki formulasi produk yang akan dikeluarkan. misalnya nih Ind*mie mau mengeluarkan rasa baru, rasa martabak mungkin, nah tim RnD ini harus melakukan riset dulu dan biasanya perlu waktu yang tidak sebentar sampai ditemukan formula yang tepat dan bisa diterima masyarakat.
atau biasa juga di departemen Quality Control, nah untuk ini kita harus memastikan bahwa produk dari mulai awal produksi sampai akan keluar pabrik sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh perusahaan dan regulasi yang ada sehingga produk gak berbahaya untuk dikonsumsi. 
lulusan ITP juga bisa ditempatkan di bagian Produksi, marketing ataupun bagian lain yang masih relevan di perusahaan tersebut hehe.

- Kenapa harus di ITP UB?
jadi ITP UB memiliki sertifikasi dari Institutes of Food Technologist (IFT) Amerika, dan di Indonesia hanya ada 2 Universitas yang punya, yaitu UB dan IPB. Akreditasi dari BAN-PT  'A'. Dosen ITP rata-rata lulusan luar negeri (Belanda, Australia, Amerika, Jepang dkk) dan dosen-dosen di ITP sangat baik dan peduli terhadap mahasiswanya, tidak akan mempersulit anak-anak yang serius ingin belajar.
fasilitas belajar-mengajar maupun lab di FTP cukup memadai dengan UKT yang terbilang tidak begitu mahal.
ITP UB sudah sangat banyak menorehkan prestasi, baik mahasiswanya maupun dosennya.


Saya sendiri masuk melalui jalur SNMPTN tahun 2014 dan jurusan ini cukup favorit.
tapi buat adik-adik yang mau masuk jurusan ini, perbayak belajar dan doa, yakin sama diri sendiri , kalau rejeki pasti akan dapat dan diberi jalan.
cukup sekian yang saya bisa sharing. kalau ada yang ingin ditanyakan lebih dalam bisa di kontak via IG : arfristy 
- Oh iya, kalau ingin bertanya kalau bisa bukan pertanyaan yang jawabannya sudah dijelaskan diatas ya :)

Terima Kasih sudah menyempatkan membaca.
Semangat !!!

sumber : tp.ub.ac.id



Comments

  1. Apa ilmu dan teknologi pangan itu beda sama bioteknologi pangan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Pertanggung Jawaban OSIS

koagulasi Protein

Jurusan Ilmu & Teknologi Pangan (ITP) / Bioteknologi Pangan & Agroindustri??