Jurusan Ilmu & Teknologi Pangan (ITP) / Bioteknologi Pangan & Agroindustri??

Assalamuaikum semuanya,

Alhamdulilah, tahun ini saya bisa masuk ke salah satu universitas terbaik diIndonesia, Universitas Brawijaya, Malang.
saya masuk lewat jalur SNMPTN program studi Bioteknologi Pangan & Agroindustri yang sejauh ini masih di bawahi oleh jurusan Ilmu & teknologi pangan. pasti masih banyak yang bertanya-tanya, apa sih itu jurusan ITP/ Biotek Pangan. yaup, masih banyak yang salah kaprah dengan jurusan ini, karena di UB sendiri jurusan ini masuk ke bawah Fakultas Teknologi Pertanian (FTP). Banyak orang yang salah sangka, dikirain kalau masuk jurusan yang ada hubungannya sama pertanian nanti kerjanya di sawah-sawah. Atau nantinya bakal susah cari kerja, atau bahkan mungkin banyak yang berfikir " Mau jadi apa sih lulusan ITP itu?, kan ngak jelas" ada loh yang mikir gini.. hehe.
Tapi jangan salah ya semuanya, kalau menurut saya pribadi, bisa masuk di jurusan ini itu luar biasa loh, prospek kerjanya bagus, masa depannya juga Insya Allah bagus. ini buka jurusan ngak jelas yang di dalamnya bisa main-main karena mata kuliahnya lumayan berat loh, hehe *ngak berat ko kalau belajar*.
kalau masih ada yang bertanya-tanya nantinya kalu sudah lulus para alumni ITP ini mau kerja dimana,nih saya jelasin sedikit, ITP pada dasarnya sih fokusnya ke bidang pangan/makanan, jadi kalau kalian suka nyemil-nyemil makanan kecil, makanan instan dll apapun itu pokoknya yang berbentuk makanan, itu adalah lapangan kerjanya anak-anak ITP. para laboran di berbagai perusahaan makanan yang kerjanya menciptakan jenis makanan baru atau menginovasi makanan baru adalah lulusan ITP loh.kasarannya gini nih kalau ada yang bilang "Anak ITP itu emang nantinya bisa jadi apa? kan ngak jelas" jawabannya "hello, makanan instan, roti, minuman kalian itu yang bikin siapa???" hehe.
trus kalau masih ada yang bilang, "ah, kan kalo sekedar ilmu bikin roti mah, semua orang bisa bikin" iya sih memang hampir semua orang tau cara bikin roti itu gimana. tapi kalian pasti bisa tau kan bedanya kualitas rasanya roti bermerek seperti "Sari Roti" dengan roti yang dibeli dipinggir jalan?. nah inilah perannya anak ITP. atau tepung misalnya, beda kan tepung merek "Bogasari" dengan tepung yang biasa dibeli murah di warung?. banyak deh contoh lainnya, Semua perusahaan makanan besar/kecil pasti membutuhkan lulusan ITP. Bukan hanya sebagai "penginovator" atau pencipta produk makanan baru aja loh. di ITP juga di ajarin dasar-dasar bisnis yang berhubungan dengan pangan, jadi peluang kerjanya lebih luas, selain sebagai karyawan bisa juga berbisnis makanan sendiri.
menurut saya pribadi, nggak bakalan rugi yang namanya masuk jurusan ini, karena ya kembali lagi pada peluang kerjanya di masa depan. dan yang namanya pangan kan adalah hal pokok dalam hidup manusia, jadi ini adalah ilmu yang akan selalu berguna kedepannya.
di jurusan ini, juga diajari bagaimana pengolahan, pengawetan, pengemasan dan segala serba serbi tentang pangan yang baik, benar dan juga tepat berdasarkan sifat makanan yang ada. menurut saya jurusan ini mah ngak kalah sama jurusan -jurusan bergengsi lainyya seperti kedokteran atau teknik.
alaumni dari ITP Universitas Brawijaya pun banyak yang kerja di perusahaan-perusahaan makanan besar di Indonesia, seperti di Danone, Bogasari, pabrik susu SGM, Indofood dll deh, ada juga yang mengelola bisnis makanannya sendiri, ada pula yang bekerja di Bank bagian yang menilai sebuah perusaan yang akan meminjam pada bank itu sehat atau tidak.
ilmu yang paling banyak digunakan dalam jurusan ini adalah KIMIA dan BIOLOGI, jadi cocok lah buat ade-ade yang jurusan IPA tapi sukanya sama Kimia n Biologinya aja *kaya Saya.. hehe*.
Tulisan ini saya buat berdasarkan pengetahuan saya yang masih dibilang sedikit, tapi saya harap ini bisa membantu ade-ade kelas 12 yang mungkin masih galau mau masuk jurusan apa, karena pengalaman saya pribadi tahun kemarin juga galau banget mau masuk jurusan apa dan akhirnya karena waktu itu lagi suka Biologi dan kebetulan saya suka banget yang namanya makan, makanya di SNMPTN milih prodi Bioteknologi Pangan, dan akhirnya setelah saya keterima sama sekali ngak ada penyesalan, dan menurut saya ini adalah jurusan yang bener-bener cocok buat saya pribadi.Disamping memang jurusannya bagus, ditambah lagi jurusan ITP di Universitas Brawijaya memiliki akreditas 'A' dan memiliki sertifikasi internasional oleh organisasi internasional yang mengurusi maslah pangan,IFT, di Indonesia jurusan ITP yang mempunyai sertifikasi ini hanya ada 2 loh, yaitu di Institut pertanian Bogor dan satunya adalah di Universitas Brawijaya. :). so let's "Join Ub be the Best"

lihat post terbaru aku ya kalau ingin tahu lebih jelas :)

Comments

  1. Kak, maaf, apa ada kontak sosmed/yg lain yg bisa aku hubungi? Aku mau nanya seputar jurusan ini ke kakak kalo boleh hehe makasi sebelumnya :)

    ReplyDelete
  2. nama fb nya apa kak? soalnya kebetulana ku mau ambil jurusan ini di snmptn 2015

    ReplyDelete
  3. Kak sya jg mau tnya ttg bioteknologi nma fb nya apa ??

    ReplyDelete
  4. kaaak mau nanya, bioteknya untuk tahun 2015 masih seputar bidang pangan aja atau udah meluas ke bidang industri, lingkungan dll gitu kak? soalnya kalau di pendaftaran snmptn nama prodinya cuma bioteknologi kan kak, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg tahun ini mmng udh beda.. Tahun ini biotek udh berdri sndri.. Klo aku msh dibawahi sm ITP. Pmbahasannya juga udh meluas k Industri gtu.. Tp itu jd prodi baru jd akrdtasi.a msh C, tp nnt insya allah naik ko

      Delete
  5. Kak sudah saya add tlong dikonfirm

    ReplyDelete
  6. kak saya udah add di fb tolong konfirm Deswindha Safanie ya mau tanya2 nih tentang bioteknologi

    ReplyDelete
  7. kaa boleh minta twitternya ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bioteknologi pangan dan agrobisnis itu akreditasinya apa kak? @Rhan Rhania

      Delete
  8. kak mau tanya kalau mata kuliahnya ITP itu apa aja ya ?

    ReplyDelete
  9. kak boleh minta pin bb nya? saya mau tanya2 soal bioteknologi

    ReplyDelete
  10. Kak, saya sudah Add Fb nya kakak :) tolong segera dikonfirmasi ya kak:)

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. udah ku add fb kakak di konfrim ya kak =)

    ReplyDelete
  13. untuk gelar lulusan ITP adalah S.T (sarjana teknik) :)

    ReplyDelete
  14. bidang yang berhubungan dengan makanan dan kesehatan tidak akan lekang oleh waktu ya mbak... teknologi pangan kedepannya tentu akan semakin dibutuhkan berhubungan dengan pertambahan jumlah penduduk...

    ReplyDelete
  15. hehehee,,, bener banget,,makanan dan kesehatan itu insya allah masa depannya cerah :)

    ReplyDelete
  16. Kebetulan saya lulus jalur SNMPTN dijurusan yg sama di univ. Halouleo kendari.
    Saya mau tanya kak, kalo jurusan ITP ini apa cuma meliputi pertanian saja. Bagaimana dengan hasil-hasil perkebunan? Seperti kopi, karet, atau kopra

    ReplyDelete
  17. buat kevin: ngak kok, kita juga mmpeljari makann yg dari hewani kok,, pokoknya ngk cm pertanian aja

    ReplyDelete
  18. Kak mau tanya, kan di atas tertera kakak lewat jalur snmptn, bisa tanya rata2 nilai rapor biologi sama kimianya ? Dari semester 1-5 ? Makasih Kak. Konfirm ya Kak fb aku "Novie Lilisia Sekar Wulan"

    ReplyDelete
  19. mau tanya, di UB untuk jurusan bioteknologi pangan ada jalur masuk buat siswa berprestasi ngak ?

    ReplyDelete
  20. hmmm,,, Muhammad Fadhli aku kurang tau kalau maslah yang itu, soalnya temen"ku rata" masuk lewat SNMPTN, SBMPTN sama ujian Mndiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak ada user instagram gak? Aq th ini kelas 12 dan mau ambil ITP UB.. Mau tanya2 kak

      Delete
  21. Kak, kalau teknologi pangan itu materi yang dipelajari lebih cenderung ke kimia atau biologi?

    ReplyDelete
  22. kak kalau misalnya pilihan pertama di jurusan teknologi pangan, pilihan keduanya di kimia bisa nggak ?

    ReplyDelete
  23. kak,, saya mau tanya. saya sangat berminat memasuki ub di jrusan ilmu teknologi pangan, dan kalo bisa kan mudah mudahan bisa lewat snmptn. kalau lwat snmptn kan nilai rapor dan didukung oleh sertifikat2.. jadi, saya mau tanya, berapa nilai rata2 rapor kakak? sehingga bsa lulus di itp ub, apakah kakak mengajukan sertifikat yang ? terima kasih kak..

    ReplyDelete
  24. kak rhani jadi untuk tahun 2016 ini itp itu statusnya prodi yang masuk di jurusan apa? apa benar itp itu masuk jurusan thp lalu fakultasnya ftp? terimakasih kak infony :)

    ReplyDelete
  25. Kak boleh nanya2 tentang bioteknologi nggak??

    ReplyDelete
  26. Ijin nambahin info ya buat temen2,jadi di THP itu ada 2 prodi ITP sama bioteknologi pangan dan agro industri. Klo di ITP itu ada dua minat yakni tpp (teknologi pengolahan pangan) dan nutrisi pangan.
    Bioteknologi pangan itu intinya mempelajari tentang mikroba pangan baik jenis, asal usul, fungsi,hasil metabolisme dan rekayasa genetika. Contoh alpikasinya pembuatan dlam pangan fermentasi (tempe,yogurt, kecap,bir dkk), enzim, protein, kedelai transgenik, mutasi gen.
    TPP fokusnya ke proses pengolahan pangan,jadi bagaimana kita bisa membuat pangan yg baik. Yg dipelajari meliputi mesin,perhitugan rumus2 agar realitanya sesuai dg teori,teknokogi hewan dan nabati
    nutrisi pangan lebih fokus ke kandungan gizi bahan pangan sehingga nilai pangan itu lebih bersifat fungsional ato pangan sehat dan biasanya menggunakan tikus untuk bahan percobaannya. Contohnya membuat pangan untuk penderita diabetes, dll.

    Klo ilmu dasarnya d thp itu kita mempelajari mulai asal usul bahan pangan,kandungannya, apkikasinya,sifatnya,bahan tambhan pangan, pengemasan, inovasi produk, hingga pemasaran dan teknik sampe di konsumen

    Untuk lulusannya,khususnya UB ada yg kerja dibidang pangan: bidang pemerintahan (ada yg jd ketua BPOM, dinas2,balai penelitian,dosen,guru,laboran), wirausaha, dan pabrik (nestle,danone,japfa,indofood, indomarco(indomarer),alfamart,heinz abc, yakult,orang tua, pocari sweat,wingsfood,mayora, siantar top,wilmar,cargill,cheil jedang, dll),lanjut kuliah (rata2 di ipb, belanda,australia,jepang)
    nonpabrik rata2 diperbankan

    Dosennya rata2 lulusan luar negri (osaka university,queensland university,auckland university, ada lulusan belanda,perancis,amerika dan thailand)

    Buat temen2 Semangat berjuang ya semoga keinginannya disegerakan olehNya. Amin :)

    Salam dari alumni THP UB 2011

    ReplyDelete
  27. bravooo.....inspirasi bgt....cocok buat anak saya nanti sy arahkan kesini ternyata UB ada...gak salah saya milih kota Malang buat last living.....buat pesiapan pendidikan anak saya kelak....jadi tidak jauh dari saya dan bisa pantau kuliahnya....
    bravo...deh...teruskan sharing seperti ini...

    ReplyDelete
  28. kak, kalo mau milih jurusan ini, milihnya ilmu teknologi pangan atau ada namanya sendiri bioteknologi pangan dan agroindustri?

    ReplyDelete
  29. terimakasih kak postingannya sangat membantu saya memahami bioteknologi UB lebih jelas. kalo boleh lain kali diceritain pengalaman-pengalamannya juga kak selama jadi mahasiswa bioteknologi UB.

    Semangat terus kakak!

    ReplyDelete
  30. kak, selain jalur snmptn ada jalur apalagi kak?

    ReplyDelete
  31. Kak, mau nanya nih. Kakak dapet SNMPTN di jurusan ini nilai rata-rata rapotnya berapa kak? Aku juga mau daftar SNMPTN nih soalnya hehe

    ReplyDelete
  32. Kak mau tanya, saya mau daftar bioteknologi pangan lewat snm, nilai rata2 saya 83,gimana kak menurut kakak?

    ReplyDelete
  33. Disitu bisa alih jenjang ga kak yg dari D3 Agroindustri ke S1 ITP? Terima kasih, boleh dijawab ya kak via fb dengan nama waryudin. Terimakasih kakak

    ReplyDelete
  34. Di UB itu. Jurusan bioteknologi ada sendiri atau bioteknologi pangan dan agroindustri??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku tulis thn 2014/2015. Sekarang udah beda ya nama jurusannya di UB. Sekarang adanya Bioteknologi Industri

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Pertanggung Jawaban OSIS

koagulasi Protein