Cara Berhemat Ala Mahasiswa Kos-Kosan

Assalamualaikum wr. wb Cara Berhemat Ala Mahasiswa Kos-Kosan-bagi mahasiswa yang sednag ngekos pasti ngalamin hal tersebut, Nah kali ini aku bakal bagi tips berhemat ala mahasiswa yg bisa kalian coba ya. Disclaimer: yang aku tulis ini berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa orang terdekat ya, jadi mungkin tidak bisa diterapkan untuk semua orang, tapi semoga bisa di jadikan insprirasi. Dulu, aku sendiri kuliah di kota Malang, ngekos dengan jarak lumayan dari kampus, yg mana harus naik motor, kenapa pilih yg agak jauh dari kampus? Karena aku suka ketenangan sih, kalau kos dekan kampus kadang agak sumpek, walaupun memang gampanh cari makan dan fotocopian untuk nugas hehe. Jadi, sebagai mahasiswa kosan, berikut ini beberapa hal yg aku lakuin untuk berhemat : 

1. Punya printer sendiri Yup. Untuk mahasiswa dengan banyak laporan tugas yg tiap minggu bisa menghabiskan banyak kertas, aku saranin kalian punya printer sendiri. Gak perlu beli baru, bisa beli printer second yg biasanya di jual karena pemiliknya sudah selesai kuliah dan mau balik ke kampung halaman tanpa bawa barang banyak. Atau bisa beli printer join sama temen 1 kos. Tapi berhubung printer kadang agak rewel, jadi harus di rawat dengan baik ya temen-temen. 

 2. Masak sendiri. Nah sebagian besar kosan pasti ada dapurnya, manfaatkan dengan baik ya kalau ada, kalian bisa menghemat banget pengeluaran untuk makan dengan masak sendiri. 3 hari sekali atau seminggu sekali pergi belanja bahan segar ke pasar. Kalau kosan kalian ada kulkas bersama malah lebih baik, kalian bisa stok bahan makanan lebih lama. Kalau tidak ada dapur dan gak bisa masak. Minimal banget masak nasi sendiri dengan rice cooker mini, Supaya kita cuma perlu beli lauk aja diluar. Lumayan loh ini bisa menghemat 2k-10k tiap kali makan. 


 3. Atur Pengeluaran dengan baik dan catat. Harus bisa atur yang dengan baik dan bijak ya temen-temen, untuk lebih jelasnya kenapa kita harus catat Pengeluaran bisa kalian baca di postingan sebelumnya tentang "Mengatur keuangan ala mahasiswa" ya 


 4. Batasi diri dari Nongkrong dan Makan-makan cantik. Self reward memang perlu, apalagi kalau kita berhasil melakukan sesuatu yg baik. Biasanya self reward termudah adalah dengan makan-makan enak bareng teman-temen. Pasti seru ya. Tapi jangan lupa batasin ya, misalnya dalam sebulan maksimal 3x nongkrong mewahnya. Bisa tetep makan enak kok, tapi ya masak sendiri aja. Beli bahan patungan sama temen-temen terus masak bareng deh. 

 5. Jangan remehkan kekuatan recehen. Kadang tanpa kita sadari banyak uang kembalian-kembalian kecil yg kita taruh sembarangan tarus keselip hilang entah kemana, padahal kalau di kumpulin uang 500 rupiah tiap hari selama 2 tahun bisa dapat sekitar 182rb, lumayan tuh bisa buat nonton atau nongkrong hemat. Jadi jangan lupa kumpulin uang receh kalian ya. Jangan di sia-siakan 


 6. Jangan belanja Implusif Lagi jalan-jalan ke mall eh terus lihat diskonan. Kebetulan barangnya lucu banget langsung deh pengen beli. Ups, tahan dulu ya. Jangan langsung di beli, pikirkan baik-baik dulu apakah memang kita memerlukan barang tersebut daripada nanti malah jadi kere di akhir bulan. 

7. Manfaatkan promo atau cashback Kalau kita ingin bayar sesuatu yg memang diperlukan, cari tau apakah sedang ada promo atau cashback ya sebelumnya. Misalnya lagi perlu beli kebutuhan kosan, di salah satu supermarket lagi ada promo cashback yg buat harganya jadi jauh lebih murah, boleh banget itu langsung di beli. Tapi jangan lupa untuk menghitung untung rugi promonya ya, jangan terjebak promo yg sebenarnya habis dinaikin harganya trus baru di potong hehe. 

8. Yang penting nyaman, bukan branded. Sadari penuh bahwa kita masih mahasiswa, jangan tergiur dengan barang-barang mewah yg sebenarnya kita tidak perlukan. 

9. Jangan ambil cicilan. Just dont, lebih baij nabung dulu baru beli. Cicilan jatuhnya jauh lebih mahal walaupun ada banyak embel-embel cicilan untuk mahasiswa. Kecuali kalian sangat terdesak.

sekian sebagian tips yang bisa aku bagikan. Semoga bermanfaat ya :)
image credit : google.com

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Pertanggung Jawaban OSIS

koagulasi Protein

Jurusan Ilmu & Teknologi Pangan (ITP) / Bioteknologi Pangan & Agroindustri??