Cara atur duit Ala Mahasiswa

Hallo, Assalamualaikum semuanya.
Terutama kalian para mahasiswa yang pasti selalu kebingungan ngatur duit di akhir bulan. Hehe



Sebagian mahasiswa, apalagi mahasiswa baru, pasti kalian banyak yg kaget dengan segala perubahan dan penyesuaian hidup, yg awalnya hidup nyaman dengan orang tua, mau beli ini itu tinggal minta atau nabung dengan uang jajan (trus ke sekolah bawa bekal makan dari rumah), kemudian sekarang tiba-tiba uang bulanan di jatah untuk hidup sebulan harus cukup. Udah termasuk buat makan, bayar kos, uang jajan, uang foto copy tugas, bayar iuran organisasi, beli buku dan semuanya yg kalau dipikir kayaknya kok gabakal cukup.

Di akhir bulan sering banget seret, gapunya dana kalau tiba-tiba harus bayar iuran yg urgent. (Pasti sering di alamin kebanyakan mahasiswa kan ini huhu... Kecuali uang bulanan kalian banyak banget sampai tumpeh-tumpeh 😅).
Ada juga tipikal mahasiswa lama yg tiap bulan ngerasain ini tapi kok ga kapok-kapok, bingung terus tiap akhir bulan hehe..
Atau ada juga mahasiswa yg uang bulanannya udh banyak tapi tetep gabisa atur duit, pas akhir bulan malah sampai minjem ke temen yg uangnya juga pas pasan huhu...



Jadi kali ini aku mau share gimana cara atur duit ala mahasiswa agar uang jelas ilangnya kemana dan sebisa mungkin tetep aman di akhir bulan.

Ada beberapa tips ya, ini ada yg based on my own experience ada juga dari banyak artikel keuangan yg aku baca. Yuks disimak.



Cara atur uang bulanan mahasiswa.

Disini aku ga bakal judge uang bulanan kalian bakal cukup / nggak ya.. Cuma mau berapapun itu akan lebih baik kalau diatur dengan bijak.



1. Yang pertama andalah kalian harus punya DAFTAR ANGGARAN (BUDGET) keperluan di bulan ini.

Yg paling penting itu sebenarnya uang bisa dibagi 3. Pertama untuk kebutuhan dasar kalian (makan, transpor ke kampus, pulsa dsb yg penting), kedua yaitu kebutuhan sekunder (bayar iuran angkatan, beli baju organisasi dsb) ketiga yaitu keinginan (nonton, nongkrong cantik, beli skincare, beli keperluan game dsb).
Untuk lebih detailnya ini aku bahas di artikel lain aja ya.. Back to topic aja.
Nah kalian harus punya anggaran untuk masing" pos anggaran. Misalnya untuk kebutuhan hidup anggarkan 50% dari uang bulanan kalian, 30% untuk kebutuhan sekunder dan 20% untuk keinginan. BUDGETING ini penting banget. Dan kalian harus komitmen dengan anggaran kalian masing-masing.



2. Kalau sudah punya anggaran selanjutnya adalah MENCATAT. Yups. Mencatat tiap transaksi harian kalian. Gunanya apa? Memonitor pemakaian uang kalian sesuai ga sama yg kalian budgetin, jangan smpai melebihi anggaran kalian. Kalau dana Keinginan kalian tinggal dikiy misalnya,. Jangan coba-coba untuk ambil dari dana primer kalian, bahaya entar akhir bulan kalian gabisa makan 😂.

Untuk mencatat inu andalah proses yg bikin capek, apalagi tiap hari harus di catat. Jadi ini butuh komitmen banget. Kalian bisa catat manual, tapi kalau mau simple ya pakai aplikasi aja, banyak kok di play store.
Selain monitor, kalian juga tau uang kalian habis kemana aja, bukan malah bingung ketika akhir bulan uang hbs trus nyalahin tuyul 😅😅.



3. Cari pemasukan tambahan.

Yup ini cara tercepat si buat menuhin biaya hidup yg kurang hehe. Ada banyak cara misalnya dengan coba kerja part time (di cafe, minimarket, warung dkk) kalau ada yg buka coba apply aja, jangan minder dan mikir "mahasiswa masa jadi kasir di warung" itu pemikiran salah banget ya gaes. Kita harus menghargai segala pekerjaan orang ya gaes. Bisa juga kalian jadi guru privat (di kota" sering banget mahasiswa jadi guru les privat, bayarannya lumayan loh karena kerjanya sesuai waktu kosong kita), Atau kalau deket sama dosen ya tanya apa ada project yg bisa dibantu (biasanya ada feenya hehe).



4. Kalau semua udah kalian coba lakukan tapi masih semerawut keuangannya berarti kalian kurang komitmen atau kurang menetapkam prioritas pengeluaran. Jadi harus dievaluasi lagi pengeluarannya supaya cukup. Jangan terlena kalau ada uang terus langsung di habisin dan ga mantau anggaran kalian.




5. Kumpulin uang kembalian (Receh)

Biasanya kalau kita belanja di retail, akan ada kembalian receh, itu gaboleh dianggap remeh loh walaupun mungkin hanya 100,200 rupiah. Siapkan toples atau botol khusus untuk menyimpan recehan, setiap ada receh daripada bikin berat dompet kamu, lebih baik di simpan di situ. Nah di akhir bulan kalau bener-bener kepepet uang itu lumayan loh, setidaknya bisa buat bayar uang parkir atau kalau udah terkumpul agak banyak bisa dibuat beli 1 porsi lalapan/nasgor. Hehe



6. Donasi

Jangan lupa sisihkan uang kalian untuk berbagai ke sesama ya. Gak perlu banyak-banyak, cukup 2,5% lah dari uang jajan kalian. Kalau uang jajan kalian 1jt, kalian cukup donasi 25.000 aja. Dengan uang segitu, bisa bikin kalian bahagia karena menolong orang lain. Dan semoga rejeki kalian di lancarkan sama Tuhan YME 😄





Nah sementara itu dlu ya yg aku bahas. Kalau ada yg mau ditanyain lebih lanjut bisa DM aja via Ig : arfristy ya

Untuk masalah yg belum aku detailin disini entar aku bahas di artikel lainnya. Okey 😁😁😁



Nih contoh aplikasi yg aku pakai dari jaman kuliah smpai kerja sekarang. Tahun 2014 aku catat manual tapi capek akhirnya mulai 2015/2016 aku mulai pake aplikasi ini. It help a lot gaes.

Namanya Catatan Keuangan. Banyak kok yg lain juga. Tapi kalau menurut aku ini yg paling simple.


Comments

  1. Your Affiliate Money Making Machine is waiting -

    Plus, making money online using it is as simple as 1--2--3!

    This is how it works...

    STEP 1. Choose affiliate products you want to push
    STEP 2. Add PUSH BUTTON traffic (this ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the system grow your list and up-sell your affiliate products for you!

    Are you ready to make money ONLINE?

    Click here to make money with the system

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Pertanggung Jawaban OSIS

koagulasi Protein

Jurusan Ilmu & Teknologi Pangan (ITP) / Bioteknologi Pangan & Agroindustri??