Ilmu & Teknologi Pangan ? Bioteknologi Industri?

Assalamualaikum, hai, semuanya.
So, karena tahun lalu aku pernah ngepost tentang jurusan Bioteknologi Pangan dan Agroindustri, jadi ada banyak temen-teman yang menghubungi aku dan mau tahu itu jurusan kaya apa ya? kok searching di internet gak nemu dsb dsb.....
So, kali ini aku mau sedikit klarifikasi ya.

Universitas Brawijaya punya 16 fakultas, salah satunya fakultas Teknologi Pertanian ((FTP) -ini beda ya dari fakultas pertanian. Di FTP ini ada 3 jurusan, yaitu Teknologi hasil Pertanian (THP)-jurusan saya sekarang; Teknologi Industri pertanian dan Keteknikan Pertanian.
nah tapi, biasanya di SNMPTN atau SBM dan sejenisnya, kalian gak bakal nemu pilihan Teknologi Hasil Pertanian(THP) tapi akan langsung menjurus kedalam program studinya (PRODI).
THP punya 2 Prodi, yaitu Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) dan Bioteknologi Industri (dulunya sempat pakai nama Bioteknologi pangan dan agroindustri).

Pertama, aku akan coba sedikit bahas Ilmu dan Teknologi Pangan. Untuk masalh akreditasinya, ITP akreditasinya A dan juga merupakan salah satu prodi di UB yang memiliki akreditasi Internasional, yaitu dari IFT (Institute of Food Tecnologiest). untuk di Indonesia, akreditasi bergengsi ini hanya dimiliki oleh ITP di 2 universitas, yaitu Universitas Brawijaya dan satunya ada di Institut Pertanian Bogor (IPB). Apa sih maksudnya punya akreditasi Internasional? apa belajarnya nanti pakai bahasa Inggris semua?. Hmm,, maksud dari akreditasi Internasional ini adalah, berarti kompetensi keilmuan ITPnya di UB itu sama kaya di IPB dan seluruh kampus lain di dunia yang ITPnya juga ada akreditasi Internsionalnya, so kalau kamu pengen masuk ITPnya di IPB tapi keterimanya di UB, its Ok, kompetensi yang dipelajari sama aja kok :). Sedangkan untuk sistem pembelajarannya sih ngak wajib bahasa Inggris, tapi hampir semua PPT dan materi dari dosen akan menggunakan bahasa Inggris. tapi jangan khawatir, justru dengan belajar sedikit-sedikit dengan menggunakan bahasa inggris insha Allah skill B.ing kamu akan nambah, kan sekarang kita juga perlu banget yang namanya b.Inggris untuk berkomunikasi dengan dunia.
Tapi, sebenernya apa sih yang dipelajari di ITP? apa masak-masak gitu?.eits jangan salah, kita ini ITP, bukan jurusan Tata Boga atau Chef dsb. kita fokusnya beda. aku aja ngk pernah belajar masak blass selama kuliah =_=. Pelajaran kita seputar pengolahan hasil pertanian yang berupa pangan. mulai dari karakteristik bahan pangan itu, nilai gizinya, fungsinya dsb. misalnya nih, kalau Kopi itu sebenarnya ada kandungan apa aja sih yang bermanfaat bagi tubuh? trus selain jadi minuman kopi bisa diolah jadi apa lagi?. selain itu kita juga mempelajari pengolahan pangannya sehingga kita memungkinkan menciptakan varian makannan baru yang sehat dan enak bagi masyarakat. misalnya, singkong tuh kan jaman dulu cuman di gareng atau direbus aja, tapi sekarang singkong bisa diolah jadi berbagaimacam, misalnya tepung mocaf, bioetanol dkk. kita juga akan mempelajari bagaimana metabolisme gizi dari makanna masuk ketubuh kita, dkk deh.
untuk yang pengen masuk ITP  nilai yang diperhatikan harus semuanya (IPA), tapi yang dominan nant dipakai sih Kimia, soal.a dalam 1 semester aja kamu bisa ada 3 mata kuliah yang berbau kimia haha.. tapi ilmu Biologi, Fisika dan MTK akn sangat diperlukan juga.
contoh beberapa mata kuliah yang ada di ITP: 1. Kimia Pangan 2. Biokimia Pangan 3.Fisiologi dan metabolisme zat gizi 4. Mikrobiologi Pangan 5. Alat dan Mesin Pengolahan.
oh iya, karena ini udah di dunia perkuliahan,apalagi jurusan eksak, maka ngk akan jauh-jauh sama praktikum. jadi siap-siap aja, tapi kalau aku pribadi sh suka sama praktikum, so enjoy aja.
kalau kalian masuk ITP, kalian akan banyak nemu ilmu baru, yang sebenrnya simple dan yang sebenrnya ada di kehidupan nyata kalian yang baru kalian sadari. :)
untuk lapangan kerjanya sih, Luuuaaassss banget tenang aja, soalnya coba bayangkan, kalian tiap hari pasti makan kan? nah selama manuasi masih butuh makan, maka selama itulah para Food Scientist akan dibutuhkan. contoh nih.. coba deh pergi ke warung deket rumah, indom****, Alfa****, mall-mall besar , swalayan bahkan pasar tradisional, kalian pasti akan nemuin yang namanya makanan instan, minuman ringan, snack, makanan kalengan, susu botolan dkk apapun yang biasa kita konsumsi deh. kalian pernah kebayang ngak sih itu yang bikin makanan kaya gitu bisa awet dari pabrik sampai ke tangan kalian itu siapa? atau siapa sih yang bikin kok sari buah yang harusnya cair, kok bisa jadi bubuk kaya Nutrisar*? atau nih, kok bisa sih Mizon* yang sebenernya airnya warna putih tapi punya rasa macem-macem?. ini adalah zonanya para food scientist lhoo,,, yups, lulusan dari ITP ini memang kebanyakan akan kerja di industri pangan, baik yang besar ataupun kecil. terutama dibagian R&D dan Quality Control. tapi ngk menutup akan kerja dibidang lain juga loh. soalnya banyak juga lulusan ITP yang kerja mandiri, berwira usaha atau kerja di bidang lain.
untuk masalah gaji. pernah nih ada yang kebetulan nanya sama aku, "lulusan ITP gajinya nanti besar atau kecil ya kak?" waah untuk masalah ini, jangan dulu deh, aku juga masih kuliah lho,, dan FYI aja sih, kalau menurutku, yang pertama dari Kuliah itu cari Ilmunya dulu, lewati dulu tahapan Kuliah, baru setelah kamu dapat ilmu kamu bisa nentuin kamu nanti mau jadi apa dan dapat gaji berapa. :)

kedua, aku akan sedikit bahas masalah Bioteknologi Industri. Akreditasi dari Prodi ini untuk sekrang (2015) sih masih C, tapi yang pasti dosan-dosen dari THP sedang berusaha meningkatkan akreditasinya, berhubung prodi ini juga baru dibuka secara resmi tahun 2015 jadi wajar kalau akreditasinya masih C. tau ngak sih, di Indonesia, jurusan Bioteknologi Industri ini cuma ada di UB aja loh, di FTP lagi,, :)
untuk masalah kompetensi sih sebenernya aku juga ngak tahu pasti, tapi kurang lebih sih pastinya masih berkutat di bidang hasil pertanian. tapi lebih ke pemanfaatan bioteknologinya. misalnya nih, industri roti, yogurt, kan membutuhkan bakteri yang akan memfermentasi tuh, nah disinilah peran dari bioteknolognya. kurang lebih gitu sih yang aku tahu sekarang.
kalau nanti aku dapat info tambahan Insha Allah bakal aku post.
Makasih banyak ya yang udah nyempatin baca post ku :)
wassalamualaikum wr wb

By: Arfristy Rhanie

silahkan kontak FBku : (Arfristy Rhanie) kalau ada yang ingin ditanyakan
NB: aku ngak online 24 h./ day, 7 day/ week loh, jadi kalau aku slow respon maaf banget ya :)



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Pertanggung Jawaban OSIS

koagulasi Protein

Jurusan Ilmu & Teknologi Pangan (ITP) / Bioteknologi Pangan & Agroindustri??