Indonesia, Si Putri Tidur

berikut adalah esai karangan saya pribadi, yang masih jauh dari sempurna, tapi setidaknya saya telah mencoba. Semoga Bermanfaat. Referensi : Berbagai sumber

Mahasiswa adalah sebuah penyebutan bagi seseorang yang tengah menempuh pendidikan tinggi. Dari namanya saja, yaitu Mahasiswa maka sudah menjadi kewajiban bagi seorang mahasiswa untuk lebih dari siswa, yang dimana pada umumnya siswa hanya akan menerima apa yang diajarkan oleh pengajarnya tanpa ada banyak mengkritisi hal-hal yang diajarkan.
 Menjadi mahasiswa maka sudah jelas membawa beben untuk mengkritisi hal hal yang terjadi di lingkungannya maupun negaranya, bukan hanya duduk diam dan menerima, tapi harus bergerak melakukan perubahan menuju hal yang lebih baik bagi lingkungan dan negara, harus bekerja mengusahakan lingkungan dan negara untuk menjadi lebih baik dan harus belajar untuk mencerahkan kehidupan lingkungan dan negaranya saat ini dan masa yang akan datang.
Sepanjang sejarah di berbagai Negara di dunia, mahasiswa telah menjalankan peran yang besar bagi perubahan negaranya masing-masing tak ketinggalan di Indonesia, Negara kita ini, tahun 1998, di akhir masa jabatan Presiden ke-2 Indonesia Presiden Soeharto mahasiswa di seluruh Indonesia memaksa pak Soeharto untuk mundur dari jabatannya yang telah menginjak 30 tahun. mahasiswa sukses membawa Indonesia ke era baru, era Reformasi.
Di era reformasi ini, diharapkan Indonesia dapat bangkit dari keterpurukan selama 30 tahun pemerintahan Soeharto, namun tak semuanya berjalan sesuai apa yang diharapkan, Indonesia tetep menjadi Negara Putri Tidur, bernyawa, ada, namun tak bergerak.
Dari semua itu, kembali mahasiswa di hadapkan pada masalah yang sama, Indonesia merdeka, namun tetap terjajah. Ketidak adilan masih ada dimana-mana, kemiskinan, kelaparan, serta korupsi pun masih langgeng di pemerintahan, dari tingkat RT hingga ke Senayan.
Mahasiswa tak boleh diam, mahasiswa harus menjadi Agen Perubahan, harus menjadi Iron Stock, harus menjadi Social Controller dan wajib pula menjadi Moral Force yang mengkritisi kekurangan pemimpin-pemimpin Indonesia sekarang dan memberikan saran untuk yang lebih baik.
Menjadi Agen perubahan bagi sebuah Negara Indonesia tidak lah mudah, karena banyak mahasiswa kini yang bahkan merubah diri sendiri pun tak bisa, mahasiswa banyak yang hanya sekedar ikut-ikuta, mahasiswa yang hanya mengejar ijazah ataupun mahasiswa yang hanya tau berdemo anarkis tanpa mempedulikan moral moral dan norma yang harusnya dimiliki mahasiswa. Dari itu maka, hal yang pertam kali harus dilakukan mahasiswa untuk bisa menjadi agen perubahan adalah merubah diri sendiri dan memahami makna diri sebagai seorang mahasiswa sejati.Mahasiswa adalah kaum terpelajar yang sudah sepantasnya perkataannya dan sarannya untuk bangsa di pertimbangkan oleh pemerintah. Maka dari itu mahasiswa harus memantaskan diri agar suaranya dapat didengar oleh pemerintah.
Menjadi Iron Stock, mahasiswa harus memiliki semangat,kemampuan serta pengetahuan yang lebih dari kebanyakan orang, karena para mahasiswa mahasiwa inilah yang kedepan akan menjadi calon pemimpin Indonesia. Mahasiswa tak boleh lemah dan terbawa budaya-budaya menyimpang yang banyak terjadi di pemerintahan sekarang, seperti halnya korupsi. Mahasiswa harus membawa perubahan dan hal baru yang akan membangunkan Indonesia dari kemerdekaan semunya ini.
Menjadi Social Controller, dapat kita lihat sekarang di masyarakat Indonesia kini banyak yang pesimis tentang hadirnya Indonesia yang bersih dari segala bentuk ketidak adilan Bagaimana tidak, pemimpin pemimpin sekarang banyak yang tidak peduli dan hanya sekedar mengumbar janji saat kampanye. Inilah yang terjadi sekarang di hamper seluruh Indonesia.
Namun, walaupun seluruh masyarakat biasa berpikir demikian, para mahasiwa tidak boleh berpikir seperti itu, mahasiswa harus tetap optimis untuk Indonesia yang lebih baik. Mahasiswa harus lebih aktif dalam mengontrol segala kebijakan pemerintah yang tidak memihak kepada rakyat kebanyakan dan mengupayakan pemerintah untuk merevisinya. Mahasiswa harus belajar sungguh-sungguh untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa generasi pemimpin masa depan akan lebih baik dari pada sekarang dan bersungguh sungguh untuk mewujudkannya.
Mahasiswa sebagai Moral Force, mahasiswa lah yang harus selalu aktif mementau segala kegiatan pemerintahan untuk kepentingan orang banyak karena sekarang, walaupun telah 69 tahun Indonesia merdeka namun masih banyak rakyat yang tidak merasakan kemerdekaan bahkan merasa semakin terjajah oleh bangsa sendiri, bahkan sangking tidak merasakannya adanya kemerdekaan, ada beberapa masyarakat yang mengatakan bahwa kehidupan di bawah penjajahan Belanda lebih baik dari pada di bawah pimpinan Indonesia sekrang. Betapa mirisnya melihat negeri yang besar dan kaya ini dijajah oleh bangsa sendiri yaitu para pemimpin-pemimpin negeri yang mementingkan diri sendiri dan golongannya. Rakyat di biarkan menderita, dibiarkan kelaparan, ditelantarkan diwajibkan untuk membayarkan pajak yang akan dikembalikan pada rakyat, namun pada kenyataannya  digunakan untuk kepentingan pribadi.
Para pemimpin pemimpin yang seperti ini sungguh tak bermoral, karena menari diatas penderitaan 28,55 juta penduduk miskin di Indonesia yang tak berdaya dan tak memiliki apa-apa. Para anggota dewan berplesir ke luar negeri dengan menggunakan uang Negara dikala banyak rakyat tak mampu melangkah. Inilah kenyataannya, moral kebanyakan pemimpin Indonesia kini nol besar, bahkan dapat dikatakan sebagai penjahat berdasi.

Hal seperti ini, Indonesia yang seperti ini tidak bisa dibiarkan, para pahlawan Indonesia telah bersusah payah merebut kembali kekuasaan Indonesia dari tangan penjajah maka sedah kewajibannya Indonesia tidak kembali menjajah diri sendiri. Ini negeri yang kaya, namun kemena semua kekayaannya pergi hingga rakyat tidak merasakan kekeyaan mereka, ini harus dirubah, Indonesia harus bangun dari tidur panjangnya, telah terlalu lama Indonesia terlelap dalam tidur cantik bagai seorang putri tidur. Indonesia harus dibangunkan dan siapa yang bisa membangunkannya?. Adalah kita, para mahasiwa, para generasi penerus bangsa, para ksatria yang berjuang demi Indonesia, para kaum terpelajar yang akan memantau segala kebijakan untuk Negara, dan itu kita, para mahasiswa nasionalis yang cinta Indonesia dan akan merubah indonesia.         

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Pertanggung Jawaban OSIS

koagulasi Protein

Jurusan Ilmu & Teknologi Pangan (ITP) / Bioteknologi Pangan & Agroindustri??