Contoh Naskah Siaran Radio


Hi,, buat kalian yang butuh contoh naskah radio,, nih Saya share hasil tugas saya,, semoga bisa bermanfaat yah.. :)

Naskah Siaran Radio
·         Nama Radio    : ARRI (ARga RanI) 
·         Gelombang      : 97.11 FM
·         Nama Acara    : KEPO (Kimia Elo Pasti Ok)
·         Durasi              : 30 menit
·         Jam                  : 19.30 – 20.00
·         Nama penyiar  : Anbarani R. Fristi

Opening (playing Michael Jackson “ Heel the world” 19.30-19.35)
Yap, Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat malam semuanya, selamat datang dalam siaran perdana KEPO . bersama saya Rani, kalian tau ngak apa arti KEPO itu? Yup, sebagian dari kalian pasti ngangep KEPO itu sifat ‘pengen tau’ gitu deh, tapi sebenernya KEPO disini maksudnya Kimia Elo Pasti Oke.
Dan Rani disini bakalan nemenin kamu selama 30 menit kedepan membahas tentang materi-materi kimia SMA. Dan edisi hari ini kita bakalan membahas tentang MOLARITAS, materi ini akan kamu temuin di setiap tingkatan kelas di SMA, karena ini pelajaran yang lumayan dasar, maksudnya banyak digunakan di berbagai rumus.
 Dan di program ini, akan ada segmen Tanya jawab interaktif, jadi bagi elo-elo semua yang pengen nanyain tentang materi yang kurang jelas atau ada soal yang berhubungan dengan materi ini yang pengen kita bahas sama-sama silahkan menghubungi nomer 081234567890, atau bisa  juga dengan mengirimkan sms ke nomer yang sama. Tapi sebelum kita membahas tentang materi kita, kita bakalan dengerin lagu buat nyegerin otak kita ya .. check it out.
(playing Kelly Clarkson, Stronger 19.38-19.41)
            Yah, sudah kita dengerin sama-sama lagunya tadi yang membangkitkan semangat kita yah, jadi sudah pada semangat semua kan para pendengar semua? Oke kalau begitu kita akan langsung masuk ke pembahasannya.
            Apa sih molaritas itu? Molaritas itu sebenarnya adalah salah satu satuan untuk menghitung konsentrasi larutan, lebih jelasnya lagi : “Molaritas itu menyatakan jumlah mol zat terlarut dalam 1 liter larutan. “ sekali lagi ya.. Molaritas menyatakan jumlah mol zat terlarut dalam 1 liter air.Sedangkan ‘mol’ itu adalah satuan internasionalnya untuk menghitung jumlah zatnya. Rumusnya
            Rani kasih permisalannya nih, misalnya ada 1 liter larutan yang didalamnya mengandung 0,5 senyawa glukosa, maka larutan ini disebut larutan 0,5 molar.ya, simple banget kan temen-temen? Sudah ngerti belum? Okeh, untuk segmen Tanya jawab yang sudah Rani janjikan tadi bakal Rani mulai setelah kita break, jadi jangan lupa kirim pertanyaannya plus salam-salamnya juga kalau kamu mau, lewat sms ke 081234567890 atau nanti silahkan menelpon ke nomer yang sama. Dan breaknya bakal Rani isi dengan lagunya j-rock, perjalanan..
(J-Rock “Perjalanan” 19.43-19.48   )
Kembali lagi bersama Rani, nah sesuai janji saya tadi, Rani bakalan buka segmen Tanya jawab sekarang, ini udah ada beberapa sms yang masuk,tapi Rani pengen ngeduluin yang udah nelpon ke studio nih,
Kring.. kring..
Penyiar (P): halo, assalamualaikum, dengan siapa, dimana?
Penelpon (P1) : halo, walaikumsalam, dengan Arga di Tg. Redeb.
P : okeh, Arga, pertanyaan kamu?
P1 : berapakah molaritas dari 9,8 gram H2SO4 yang Mr-nya 98 di dalam 250 ml larutan. 
P : okeh, nanti bakalan di bahas di sini ya, makasih atas pertanyaannya.
Yap, terima kasih buat temen kita Arga yang sudah menelpon kita, sekarang kita bahas ya Arga, tinggal dimasukkan aja ke rumusnya molaritas, sehingga 9,8 gram dibagi 98 dikalikan dengan 1000 per 250 mililiter sehingga hasilnya jadi 0,1 X 4 = 0,4 mol. Simple kan?
Setelah ini Rani bakal bacain sms yang masuh ya, tapi kita dengerin dulu lagu dari Alvin and the chipmunk- we will rock you.
(playing Alvin and the chipmunk “we will rock you” 19.50-19.54)
Rani bacain pertanyaan yang udah masuk via sms ke 081234567890 ya nih sekarang,
“halo, saya Maspa di Berau, saya mau nanya Berapakah molalitas dari 12 gram urea yang Mr-nya 60 di dalam 500 ml air? Sekalian kirim salam buat siswa siswi kelas XII IPA 2 SMAN 4 Berau yang ganteng-ganteng and cantik-cantik ya, makasih”
Ok, terima kasih kembali ya Maspa.dan untuk anak 12 ipa 2, dapat salam dari Maspa nih..
Ya, Untuk pertanyaan kedua yang dari Maspa caranya juga sama, tinggal dimasukkan ke rumusnya aja sehingga jadi, 12/60 x 1000/500 =0,2 x 2 = 0,4 mol
            Wah padahal Rani masih pengen ngebahas materi n pertanyaan ini bareng kalian semua lho karena masih ada beberapa pertanyaan yang masuk tapi belum terjawab, tapi sayang banget waktu kita terbatas, jadi inilah akhir dari KEPO edisi hari ini, kita bakalan ketemu lagi di lain kesempatan , so, wassalamualaikum wr.wb and bye bye.
(playing Carly Rea J. –Good Time 19.56-20.00)

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Pertanggung Jawaban OSIS

koagulasi Protein

Jurusan Ilmu & Teknologi Pangan (ITP) / Bioteknologi Pangan & Agroindustri??